Sabtu, 22 Desember 2012

Mesin Bunyi Saat Injak Kopling Sedikit Bunyi Hilang - Info Mobil

Terdengar bunyi atau suara kik kik kik kik kik atau bunyi mesin semacam itu tetapi ketika pedal kopling diinjak sedikit pedal kopling dan bunyi tersebut hilang. Bunyi berasal dari persentuhan antara release bearing dan matahari kopling. Kalau dilihat pada fork kopling terdapat sedikit getaran dan kalau di pegang tangan pada fork kopling saat mesin hidup terasa sekali getarannya.

Untuk mengatasinya bunyi kopling seperti ini pada kopling dengan kabel kopling bisa dengan melakukan penyetelan kopling,agar release bearing lebih bersentuhan dengan matahari kopling tetapi tidak terlalu menekan.

Sedangkan untuk kopling hidrolis karena tidak ada penyetelan bisa dilakukan dengan memberikan ganjalan plastik pada ujung master kopling bawah agar lebih menekan fork kopling.

Contoh ganjalan yang bisa di pakai pada ujung master kopling bawah adalah tutup pentil ban yang terbuat dari karet/plastik. (catatan : tentu saja tutup pentil yang dipakai ini akan cepat rusak karena harus menahan tekanan kopling, umurnya kurang lebih satu bulan).

Ketika ganjalan plastik ini rusak kopling akan terdengar bunyi lagi tetapi lebih pelan. Setelah itu bisa dilakukan dengan bleding ulang minyak kopling dari kemungkinan terdapat udara yang ada di minyak kopling. Untuk hal ini masih kita amati sampai sejauh mana hasilnya, jadi akan kita update hasilnya setelah bleding ulang minyak kopling.

Update : Sudah Lebih satu bulan setelah artikel ini di tulis tgl 22-12-2012 dan di update tgl 31-1-3013 tidak ada lagi keluhan kopling bunyi pada mobil tersebut yang selalu di pantau.


Untuk hasil yang maksimal gunakan bahan plastik yang lebih kuat dan buat bentuknya seperti tutup pentil ban  agar lebih tahan lama.

Cara di atas adalah metode atau cara yang murah atasi kopling bunyi dari pada turun kopling dan mengganti release bearing serta matahari, apalagi jika terjadi pada mobil baru.

Silakan lihat juga :
Problem atau Masalah Pada Kopling Mobil
Tips Atasi Kopling Keras

Best Regards
Otomotif Qita